Sabtu, 17 Januari 2015

Membersihkan kandang ayam broiler/pedaging



Membersihkan kandang ayam oleh para peternak sering disepelekan dan diabaikan karena dianggap tidak terlalu penting, apalagi para peternak sering lebih fokus pada pemenuhan pakan dan obat-obatan untuk ayam peliharaannya.
Padahal proses membersihkan kandang ayam yang teratur dan berkala tiap minggunya akan menjadikan kandang ayam selalu dalam kondisi yang bersih dan sehat dikarenakan kandang ayam tidak jadi tempat berkembangbiak bagi cacing dan bakteri penyebab terganggunya pertumbuhan dan sakit pada ayam, sehingga keberhasilan peternak dalam mencapai bobot ayam yang ditargetkan waktunya lebih singkat dan tingkat kematian ayam yang lebih sedikit.



Berikut cara membersihkan kandang ayam pedaging yang baik dan benar:

► Senantiasa bersihkan alas kandang ayam dari kotoran, baik itu kotoran ayam maupun sisa-sisa makanan ayam yang terhambur dikarenakan dikais-kais oleh ayam dari tempat pakannya.
kotoran ini bila dibiarkan bisa menimbulkan bau dan juga menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri dan cacing penyebab pembawa penyakit pada ayam peliharaan, kegiatan ini dilakukan minimal sekali dalam seminggu.


► Tempat pakan ayam bisa menjadi tempat berkembangbiak bibit penyakit dan cacing pengganggu pada ayam peliharaan bila tidak dilakukan pembersihan secara berkala.
untuk itu selalu lakukan pembersihan tempat pakan ayam minimal 2 hari sekali.

► Tempat minum ayam juga bisa menjadi tempat yang sangat memungkinkan awal berkembangbiaknya bakteri dan cacing pengganggu bagi ayam, untuk itu senantiasa lakukanlah pembersihan tempat minum ayam juga minimal 2 hari sekali.

► terakhir lakukan penyemprotan pada alas dan dinding kandang ayam (terutama tempat terdapat banyak kotoran ayam), Desinfektan ini berfungsi sebagai pembunuh bakteri.
Penyemprotan sebaiknya dilkukan 2 minggu sekali dan usahakan tempat makan dan tempat minum ayam tidak kena semprot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar