Senin, 26 Januari 2015

Obat snot pada ayam peliharaan


Penyakit Snot adalah penyakit yang menyerang pada bagian mata dan sekitarnya, Penyakit ini biasanya menjangkiti ayam peliharaan kala pergantian musim terjadi yakni pada pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan itulah kenapa penyakit ini lebih banyak ditemukan di daerah tropis seperti indonesia dan negara asia tenggara lainnya.
Penyakit Snot ini disebabkan oleh bakteri bernama haemophillus gallinarum, bakteri ini angka morbiditas nya pada ayam sekitar 80% ditambah penularannya bisa lewat kontak langsung, melalui udara, pakan, minum, peralatan kandang dan biasanya berlangsung antara 1 - 3 bulan.

Gejala yang sering ditimbulkan oleh ayam yang terjangkiti penyakit snot ini antara lain :

- mata dan daerah sekitar mata mengalami pembengkakan.
- sayap ayam terkulai.
- nafsu makan menurun.
- ayam ngorok .
-hidung ayam mengeluarkan lendir.
- ayam terlihat mengantuk dan cendrung mencari tempat hangat.

Untuk pengobatan pada ayam yang menderita snot ini ada 3 jenis obat yang bisa diberikan :

1. Obat kimia yang biasa diberikan adalah preparat amphycillin, pemberian obat ini bisa langsung dimasukkan kedalam mulut ayam yang sakit.
2. Obat herbal yang pertama terdiri dari parutan jahe, parutan kunir, kencur , dan dicampurkan ke dalam campuran air minum ayam yang sakit.
3. Obat herbal yang kedua terdiri dari parutin kunyit, perasan jeruk nipis dan kapur sirih. Hasilnya satu sendok makan dan diminumkan langsung pada ayam yang snot.

Pilih dan gunakan salah satu obat diatas untuk ayam yang mengalami snot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar