Rabu, 21 Januari 2015

Persiapan ternak ayam kampung pemula


Ternak ayam kampung sering dijadikan orang sebagai usaha sampingan tapi ada juga yang menjadikannya sebagai usaha utama, dikarenakan harga ayam kampung lebih mahal dari ayam pedaging lainnya. Harga perkilo ayam kampung bisa sampai Rp50.000,00 ini jelas sangat menguntungkan apalagi pencapaian bobot 1 kg ayam kampung bisa tercapai dalam kurun waktu 3 bulan jika dikelola dengan baik.



Dikarenakan harga ayam kampung yang tinggi banyak pengusaha yang beralih profesi menjadi peternak ayam kampung. Para peternak ayam kampung pemula ini biasanya hanya mempersiapkan 3 hal dalam pemeliharaan ternaknya yaitu kandang, anakan ayam (DOC) dan pakan ayam.
Padahal persiapan beternak ayam kampung untuk pemula itu juga meliputi :

OBAT AYAM
Dalam ternak ayam kampung sering dijumpai penyakit-penyakit ayam seperti gumboro, snot, berak kapur, coccidiocis dan lain-lain. Penyakit ayam kampung seperti disebutkan tadi haruslah ditangani dengan pengobatan yang cepat dan tepat supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih besar terhadap ayam peliharaan.

VITAMIN.
Seperti manusia ayam kampung juga membutuhkan vitamin dalam pertumbuhannya, vitamin ayam biasanya peternak memberikan dalam campuran air minum dengan dosis disesuaikan dengan jumlah takaran air dan jumlah ayam peliharaan.

DESINFEKTAN
Yang paling ditakutkan peternak ayam kampung adalah bakteri penyebab penyakit pada ayam peliharaan. Jadi untuk mencegah berkembangbiaknya bakteri-bakteri di dalam kandang peternak biasa menggunakan desinfektan.
cara penggunaan desinfektan ini yaitu dicampurkan ke dalam air sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan desinfektan dan disemprotkan pada alas dan dinding kandang ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar